- Komunikasi Pemasaran (marketing communication) adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen-secara langsung maupun tidak langsung-tentang produk dan merek yang dijual.
- Fungsi bagi konsumen :
- Dapat memberitahu kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa produk itu digunakan, oleh orang macam apa, serta dimana dan kapan.
- Konsumen dapat mempelajari tentang siapa yang membuat produk dan apa tujuan perusahaan dan merek.
- Komunikasi pemasaran memungkinkan perusahaan menghubungkan merek mereka dengan orang, tempat, acara, pengalaman, perasaan.
Lingkungan Komunikasi Pemasaran
yang Sedang Berubah
•Dewasa ini yang
berperan penting dalam perubahan lingkungan komunikasi pemasaran adalah teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi.
•Difusi
cepat koneksi internet broadband yang kuat, perekam video digital
yang dapat menghilangkan iklan, telepon seluler multifungsi, dan
pemutar musik dan video portabel.
Komunikasi Pemasaran, Ekuitas Merek, dan Penjualan
Bauran
Komunikasi
Pemasaran terdiri dari delapan
model komunikasi utama :
•Iklan
– Semua bentuk terbayar dari presentasi nonpersonal dan promosi ide,
barang, atau jasa melalui
sponsor yang jelas.
•Promosi Penjualan – Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau jasa.
•Acara dan Pengalaman – Kegiatan dan
program yang disponsori oleh perusahaan yang
dirancang untuk menciptakan interaksi harian atau interaksi yang
berhubungan dengan merek tertentu.
•Hubungan Masyarakat dan Publisitas – Beragam
program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individunya
•Pemasaran Langsung – Penggunaan surat, telepon, faximile,
e-mail, atau
internet untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Baik untuk berdialog maupun meminta respons dari pelanggan.
•Pemasaran Interaktif – Kegiatan dan
program online yang dirancang untuk melibatkan pelanggan untuk prospek dan secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan kesadaran, memperbaiki citra, atau menciptakan produk/jasa
•Pemasaran dari Mulut ke Mulut – Komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antarmasyarakat yang
menjelaskan keunggulan membeli suatu produk atau pengalaman menggunakan suatu jasa.
•Penjualan Personal –
Interaksi tatap muka dengan satu atau lebih pembeli prospektif, baik melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, maupun menyediakan pemesanan.
Pengaruh Komunikasi Pemasaran
•Terintegrasi untuk menghantarkan pesan yang
konsisten dan mencapai
positioning strategis.
•Berkontribusi terhadap kesadaran atau menciptakan, mempertahankan, atau memperkuat asosiasi merek.
•Konsumen mempunyai penilaian merek dan perasaan pada merek.
Model Proses Komunikasi
•Model
Makro
- Memiliki 9 elemen
- Model ini menekankan
faktor-faktor kunci dalam komunikasi efektif.
•Model
Mikro
•Berkonsentrasi
pada respons spesifik konsumen terhadap komunikasi.
•Mengasumsikan
pembeli melewati tahap kognitif, afektif, dan perilaku.
Kampanye ideal akan memastikan
bahwa :
1.Konsumen
yang tepat terpapar pesan yang tepat di tempat dan saat yang tepat
2.Iklan
itu menyebabkan konsumen memberi perhatian pada iklan, tetapi tidak mengalihkan
perhatian pelanggan dari pesan yang dimaksudkan
3.Iklan
dengan tepat mencerminkan perilaku dan tingkat pemahaman konsumen terhadap
produk dan merek
4.Iklan
memosisikan merek dengan benar
5.Iklan
dapat memotivasi konsumen
6.Iklan
menciptakan asosiasi merek yang kuat
Mengembangkan Komunikasi Efektif
•Mengidentifikasi Pemirsa Sasaran
Pemirsa sasaran harus jelas : Pembeli potensial produk perusahaan, pengguna saat ini, pengambil keputusan, atau pemberi pengaruh bagi perorangan, kelompok, masyarakat tertentu bahkan masyarakat umum.
Pemirsa sasaran harus jelas : Pembeli potensial produk perusahaan, pengguna saat ini, pengambil keputusan, atau pemberi pengaruh bagi perorangan, kelompok, masyarakat tertentu bahkan masyarakat umum.
•Menentukan Tujuan Komunikasi
Rossiter dan Percy mengidentifikasi empat kemungkinan tujuan komunikasi sebagai berikut :
-Kebutuhan Kategori à menentukan kategori produk/jasa yang diperlukan untuk mengalihkan/memuaskan perbedaan anggapan antara keadaan motivasional saat ini dan keadaan emosional yang diinginkan.
-Kesadaran Merekàkemampuan untuk mengingat merek dalam kategori
-Sikap Merek à mengevaluasi merek dengan memperhatikan kemampuan anggapannya untuk memenuhi kebutuhan relevan saat ini.
-Maksud Pembelian Merek à instruksi mandiri untuk membeli merek.
Rossiter dan Percy mengidentifikasi empat kemungkinan tujuan komunikasi sebagai berikut :
-Kebutuhan Kategori à menentukan kategori produk/jasa yang diperlukan untuk mengalihkan/memuaskan perbedaan anggapan antara keadaan motivasional saat ini dan keadaan emosional yang diinginkan.
-Kesadaran Merekàkemampuan untuk mengingat merek dalam kategori
-Sikap Merek à mengevaluasi merek dengan memperhatikan kemampuan anggapannya untuk memenuhi kebutuhan relevan saat ini.
-Maksud Pembelian Merek à instruksi mandiri untuk membeli merek.
•Merancang Komunikasi
-Strategi Pesan (apa yang harus dikatakan)
Mencari daya Tarik, tema, atau ide yang terkait dengan positioning merek dan membantu menentukan titik paritas atau titik perbedaan.
-Strategi Pesan (apa yang harus dikatakan)
Mencari daya Tarik, tema, atau ide yang terkait dengan positioning merek dan membantu menentukan titik paritas atau titik perbedaan.
- Strategi Kreatif
(bagaimana mengatakannya)
Ada dua macam strategi kreatif :
*Daya Tarik Informasional
*Daya Tarik Transformasional
Ada dua macam strategi kreatif :
*Daya Tarik Informasional
*Daya Tarik Transformasional
Daya
Tarik Informasional
•Mengolaborasi atribut atau manfaat
produk/jasa.
•Contoh-contoh
: dalam iklan solusi masalah, demonstrasi produk, perbandingan produk
Dalam pesan satu sisi menampilkan
argumen terkuat lebih dulu dapat memberi
keuntungan
Pesan dua sisi jika pemirsa pada
mulanya menentang, komunikator bisa mulai dengan sisi argumen laiinya dan
menyimpulkan menurut argumen terkuatnya.
Daya Tarik Transformasional
•Mengelaborasikan
manfaat atau citra yang berhubungan dengan produk.
•Menggambarkan
jenis orang macam apa yang menggunakan merek
•Jenis
pengalaman apa yang dihasilkan dari penggunaan merek
• -Sumber Pesan
Tiga kredibilitas sumber pesan yang penting adalah keahlian, kepercayaan, dan kesukaan orang terhadap komunikator atau juru bicara sebagai penyampai pesan.
Tiga kredibilitas sumber pesan yang penting adalah keahlian, kepercayaan, dan kesukaan orang terhadap komunikator atau juru bicara sebagai penyampai pesan.
•Prinsip
kesesuaian à komunikator dapat menggunakan
citra baik mereka untuk mengurangi beberapa perasaan negatif terhadap merek,
tetapi dalam prosesnya dapat kehilangan kepercayaan diri terhadap pemirsa.
ADAPTASI GLOBAL
1.
Produk
Banyak produk dilarang di bagian dunia tertentu.
Contoh : bir, anggur dan minuman beralkohol tidak dapat diiklankan atau dijual dibanyak negara muslim
2.
Segmen pasar
Pembuat mainan AS terkejut ketika mengetahui bahwa di banyak negara (Norwegia dan Swedia) misalnya tidak ada TV
yang boleh diarahkan ke anak anak di bawah 12 tahun.
3. Gaya
4. Lokal atau global
Memilih Saluran Komunikasi
1. Saluran Komunikasi Pribadi
•Saluran penasihat
•Saluran ahli
•Saluran sosial
2.
Saluran Komunikasi Non Pribadi
•Media
•Promosi penjualan
•Acara dan pengalaman
•Hubungan masyarakat
Menetapkan
Total Anggaran Komunikasi Pemasaran
1.Metode terjangkau
2.Metode persentase penjualan
3.Metode paritas kompetitif
4.Metode tujuan dan tugas
•Metode tujuan dan tugas
1.Menentukan tujuan pangsa pasar
2.Menentukan persentase pasar yang harus dijangkau oleh iklan
3.Menentukan persentase prospek yang sadar yang harus dibujuk untuk mencoba merek
4.Menentukan jumlah impresi iklan per 1% tingkat percobaan
5.Menentukan jumlah titik peringkat kotor (gross rating point) yang harus dibeli
6.Menetapkan anggaran iklan yang diperlukan berdasarkan rata-rata biaya pembelian
Memutuskan
Bauran Komunikasi Pemasaran
8 modal komunikasi utama
•Iklan
•Promosi
penjualan
•Hubungan
masyarakat dan publisitas
•Acara
dan pengalaman
•Pemasaran
langsung
•Pemasaran
interaktif
•Pemasaran
dari mulut ke mulut
•Tenaga
penjualan
Karakteristik
bauran komunikasi pemasaran
1.Iklan
-dapat menjangkau pembeli yang
tersebar secara geografis
-Dapat membangun citra jangka
panjang bagi produk
-Memicu penjualan cepat
iklan memungkinkan penjual
mengulang pesan berkali-kali , dapat mendramatisir sebuah perusahaan dan
produknya , dan pendengar tidak merasa wajib memperhatikan iklan tersebut
2. Promosi penjualan
Untuk menarik respon pembeli yang
lebih kuat dan lebih cepat.
3 manfaat berbeda :
a.Komunikasi
b.Insentif
c.undangan
•Hubungan
masyarakat dan publisitas
Daya tarik hubungan masyarakat dan
publisitas didasarkan pada 3 kualitas berbeda :
1.Kredibilitas
tinggi
2.Kemampuan
menangkap pembeli yang tidak hati-hati
3.dramatisasi
3. Acara dan pengalaman
Ada banyak keuntungan :
a.Relevan
b.Melibatkan
c.Implisit
4.
Pemasaran langsung dan interaktif
Memiliki banyak bentuk.
Pesan pemasaran langsung dan
interaktif adalah :
1.Disesuaikan
dengan orang
2.Mutakhir
3.interaktif
5.
Pemasaran dari mulut ke mulut
dapat
berupa online ataupun offline
3 karakteristik penting :
a.Kredibel
b.Pribadi
c.Tepat
waktu
6. Penjualan personal
Merupakan alat paling efektif pada
tahap proses pembelian selanjutnya, terutama dalam membentuk preferensi,
keyakinan dan tindakan pembeli.
Memilik 3 kualitas berbeda :
a.Interaksi
pribadi
b.Pengembangan
c.respons
Faktor-faktor
dalam menentukan bauran komunikasi pemasaran
a.Jenis
pasar produk
b.Tahap
kesiapan pembeli
c.Tahap
siklus hidup produk
Mengukur
Hasil Komunikasi
•Setelah
menerapkan rencana promosi, komunikator harus mengukur dampaknya terhadap
sasaran dengan cara melihat bagaimana respon dan tanggapan orang yang mendengar
promosi tersebut.
Mengelola
proses komunikasi pemasaran terintegrasi
Komunikasi pemasaran teintegrasi
adalah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah
rencana komprehensif.
Fungsi komunikasi pemasaran
terintegrasi untuk mengevaluasi peran strategis disiplin komunikasi,contoh:
•Iklan
umum
•Respons
langsung
•Promosi
penjualan
•Hubungan
masyarakat
Mengkoordinasikan
media
Mengimplementasikan
IMC
Penyebab komunikasi terintegrasi
lambat untuk dijalankan:
-perusahaan besar sering
memperkerjakan beberapa spesialis komunikasi yang berbeda yang mungkin
mengetahui sedikit perbandingan tentangalat komunikasi lainnya
-perusahaan besar agensi iklan yang
terletak di berbagai negara dan melayani berbagai divisi,menghasilkan
komunikasi yang tidak terkoordinasi dan difusi citra
Cara
mengetahui seberapa terintegrasi program
IMC
IMC
-Cakupan : proporsi pemirsa yang
dijangkau oleh setiap opsi komunikasi yang diterapkan dan juga seberapa banyak
tumpang tindih yang terjadi diantara opsi komunikasi.
-Kontribusi : kemampuan inheren
komunikasi pemasaran untuk menciptakan respons dan pengaruh komunikasi yang
diinginkan dari konsumen dalam ketiadaan paparan terhadap opsi komunikasi
lainnya.
-Harmoni : perluasan dimana asosiasi
umum diperkuat sepanjang opsi komunikasi
-Komplementer : sejauh mana berbagai
asosiasi dan hubungan ditekankan pada opsi komunikasi : sejauh mana opsi
komunikasi pemasaran kuat dan berhasil untuk berbagai kelompok konsumen.
-Biaya : pemasar harus menimbang
evaluasi komunikasi pemasaran tentang kriteria ini terhadap biaya mereka agar
sampai pada program komunikasi yang paling efektif dan efesien
Tidak ada komentar:
Posting Komentar