Dalam mengembangkan program dari pemasaran kita dapat merumuskan program program apa saja untuk menumbukan minat beli konsumen. Cakupan dari pengembangan program pemasaran ini antara lain 4P, 7P.
4P sendiri terdiri dari product, price, place, dan promotion sedangkan 7P terdiri dari 4P ditambah dengan unsur people, process dan physical evidence.
Kita akan mencoba membahas dan menganalisa mengenai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yaitu Bank Central Asia atau yang biasa dikenal dengan sebutan BCA.
1. Product
Bank Central Asia (BCA) memiliki ragam produk (berupa barang dan jasa) yang berlimpah untuk menarik minat masyarakat menjadi nasabah mereka. BCA dapat sangat memahami apa yang menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Hal ini terlihat dari berbagai macam jenis produk yang dikeluarkan oleh BCA seperti :
4P sendiri terdiri dari product, price, place, dan promotion sedangkan 7P terdiri dari 4P ditambah dengan unsur people, process dan physical evidence.
Kita akan mencoba membahas dan menganalisa mengenai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yaitu Bank Central Asia atau yang biasa dikenal dengan sebutan BCA.
1. Product
Bank Central Asia (BCA) memiliki ragam produk (berupa barang dan jasa) yang berlimpah untuk menarik minat masyarakat menjadi nasabah mereka. BCA dapat sangat memahami apa yang menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Hal ini terlihat dari berbagai macam jenis produk yang dikeluarkan oleh BCA seperti :
- · Produk tabungan (Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Tapres, TabunganKu),
- · Kartu kredit (BCA Card, BCA MasterCard, BCA VISA),
- · Fasilitas kredit ( kredit modal kerja, rumah, kepemilikan)
- · Layanan transaksi perbankan
- · Layanan cash management
- · Bancassurance
- · Fasilitas Ekspor Impor
- · Bank Garasi
- · Fasilitas Valuta Asing
- · Perbankan Elektronik
2. Promosi
Promosi merupakan suatu upaya untuk memperkenalkan produk
kepada konsumen dengan tujuan menarik minat beli konsumen tersebut terhadap
produk yang dijual.
BCA melakukan banyak sekali inovasi inovasi promosi
seperti promosi diskon, periklanan di berbagai media ( tv, internet,dll) , video-video
iklan, menjadi sponsor di beberapa acara, dan sempat beberapa waktu lalu BCA
mengadakan sebuah acara rutin di salah satu channel TV dimana di acara itu BCA
memberikan hadiah bagi para nasabah setianya. Ditambah dengan tagline dari BCA
yaitu “senantiasa di sisi anda” yang membuat konsumen menjadi lebih yakin untuk
menggunakan layanan dari BCA.
3.
Price
Penentuan harga menajdi hal yang penting dalam pemasaran,
dalam hal ini BCA sudah melakukan penetapan harga yang baik yaitu sebesar Rp
500.000,00 untuk nasabah yang ingin membuka tabungan.
4.
Place
Tempat yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan
bagi perusahaan untuk menarik konsumennya. Begitu pun dengan BCA, hampir semua
kantor BCA terletak di tempat tempat yang padat penduduk dan mudah diakses.
Bukan hanya kantornya, tapi ATM BCA nya pun mudah ditemukan dimana-mana.
Hasil diskusi :
Melihat dari data-data yang ada, kami berpendapat bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BCA sudah sangatlah baik, terlihat dari sudah banyaknya inovasi beragam dari segi promosi, tempatnya, harga, dan keberagaman produk.
Mungkin akan lebih baik bagi BCA untuk tetap meng-update inovasi produknya, tetap kreatif dalam membuat inovasi promosinya.
Referensi
http://www.bca.co.id/ jan14
Tidak ada komentar:
Posting Komentar